KG_MACD

Tools yang KG perkenalkan ini sederhana, Anda semua sering menggunakannya. Namanya KG MACD, kalo kita lihat MACD standard yang ada di MT4 platform adalah alat yg digunakan untuk mengamati perubahan harga dengan membandingkan EMA Fast (standard periode 12) dan EMA Slow (Standard periode 26) lalu kemudian selisih dua EMA ini di hitung rata-rata nya sebanyak 9 periode kebelakang (Signal periode 9) dengan metode SMA.
Nah, kita akan menggunakan teknik ini juga untuk mendeteksi perubahan yang terjadi pada pergerakan harga tapi dengan pendekatan yang berbeda dan kita sesuaikan dengan basic analisa konsep acuan waktu. Perubahan harga terhadap acuan lah yang akan kita amati untuk mendeteksi perubahan harga, jadi katakanlah kita ingin mengamati perubahan harga yang terjadi terhadap MA harian maka kita akan menghitung perubahan yang terjadi dengan mengamati perbedaan nilai antara harga saat ini (Close price) dengan nilai harga rata-rata harian. Atau secara matematis nya perbedaan harga yang terjadi terhadap rata-rata hariannya adalah:

Perbedaan harga = (nilai Close) - (nilai rata-rata harian)

Dengan mengamati perbedaan harga ini maka artinya kita mengamati perubahan yang terjadi pada harga terhadap atau dibandingkan dengan rata-rata hariannya. Jika perbedaan ini meningkat maka kita tahu harga semakin menjauhi rata-rata harian, dan jika nilainya positif maka kita tahu harga semakin bergerak naik dan menjauhi rata-rata harian tetapi jika nilainya negatif kita tahu bahwa harga menjauhi rata-rata hariannya dan bergerak turun. Seperti itulah kira-kira gambaran informasi yang kita peroleh dari MACD yang akan kita gunakan. Nah, perbedaan nilai dan rata-rata acuan yg kita gunakan ini juga dapat kita hitung kecenderungannya beberapa waktu kebelakang atau dengan kata lain kita bisa lihat rata-ratanya beberapa periode kebelakang. Dalam teknik ini saya menggunakan rata-ratanya sama dengan periode acuan yang kita gunakan. Jadi dengan MACD ala kita di sini... kita akan mendapatkan informasi perbedaan nilai close dengan titik acuan yang kita amati dan rata-rata dari perbedaan ini selama periode yg sama dengan periode acuan yang kita amati itu.
Jika kita lihat perbedaan nilai antara harga saat ini dengan rata-rata harian (SMA 24 atau middle BB 24 kita) bernilai positif atau di atas nol artinya nilai harga saat ini nilainya lebih besar dari nilai harga rata-rata hariannya. Lalu kita juga melihat bahwa saat ini harga sedang berada dalam kondisi Trending di BB harian, sedangkan perbedaan harga sedang dalam kondisi konsolidasi di MACD kita tetapi perbedaan harga sudah berada di atas rata-rata harian perbedaan itu. Nah begitulah ringkasnya informasi dari MACD ini... MACD kita ini basicnya menggunakan SMA, di sana saya juga tampilkan kondisi-kondisi nya:

Ripple = kondisi perbedaan harga dan rata-rata acuan saat ini dengan sebelumnya
Wave = Posisi perbedaan harga dan rata-rata acuan positif atau negatif
Smoothing = kondisi rata-rata dari perbedaan harga dengan rata-rata acuan.



KG MACD hanya salah satu alat bantu untuk memperkuat kita dalam menentukan kondisi Flat di BB acuan pada chart. Maksudnya begini, KG MACD ini kan di hitung berdasarkan selisih harga (close price) dan MA acuan.. selisih inilah yg digambarkan dengan bar warna merah dan biru pada KG MACD. Kalo bar merah artinya harga berada di bawah MA acuan (atau middle BB acuan), dan kalo bar biru artinya harga berada di atas MA acuan. Jadi jika kita melihat kondisi harga terhadap middle BB acuan itu sama persis kondisinya di gambarkan oleh bar merah biru ini....

Sampai sini jelas yah bahwa bar ini menggambarkan selisih atau beda antara harga dan MA acuan. Pada KG MACD tersebut juga dipasang BB SD1 dengan periode yang sama dengan BB acuan pada chart. BB SD 1 pada KG MACD di hitung dari nilai selisih atau bar-bar tadi... Jadi ringkasnya, di KG MACD ini kita mengamati perubahan yang terjadi pada selisih harga dan MA acuan. Gimana baca BB di KG MACD sama saja dengan cara kita membaca BB di chart.

Contoh.. katakan bar-bar pada KG MACD berada di bawah lower BB nya.. pasti di sudut kanan tertulis kata TRENDING DOWN... artinya pergerakan selisih harga dan MA acuan berada dalam kondisi Trending Down atau cenderung turun... seandainya kondisi BB acuan kita di chart juga dalam kondisi Trending Down... apa artinya? artinya trending ini kuat... lalu kalo BB pada chart justru dalam kondisi Flat apa artinya ? kalau BB pada chart malah Trending Up apa artinya ? Nah.. hal hal ini yang ingin KG kita cari sendiri... kasarnya KG nyuruh kita begini "Hei... coba backtest.. lihat bagaimana indicator ini berinteraksi dengan perubahan harga dan tools kita yg sudah ada.. cari tahu, pelajari lalu pahami... membantu atau tidak ?"




Level kontrol BSB (warna putih putus2) adlh sma di KG_MACD BS yg di plot di chart,..
Level kontrol SMA (warna ijo merah putus2) adlh nilai SMA di KG_MACD_SMA_PRICE yg di plot di chart,..
trus Level SD1, 2 3 di indi Range Calc bisa digunakan sbg level di KG_MACD,..

Posting Komentar

© Kutu Veteran Forex World. All rights reserved. Premium By Raushan Design